.:: Selamat Datang di Website Jurnalistik Suara Madrasah MAN 1 Kebumen ::.

 

 


PRAMANZA laksanakan Hiking Sebagai Bentuk Ukhuwah antara Pramuka dengan Masyarakat


               Dalam merealisasikan progam kerja dan musyawarah dewan kerja ambalan, Pramuka MAN 1 Kebumen kembali menyelenggarakan kegiatan tahunannya yakni Hiking. Kegiatan kali ini mengusung tema "Explore Nature in Togetherness" yang tak lain berarti menjelajah alam dalam kebersamaan. Hiking ini di ikuti sebanyak 410 partisipan yang terdiri dari 305 adik kelas X, 52 dewan ambalan, 10 senior dan alumni, 22 tamu undangan, 15 personil PMR, 4 OSIS/Lastama serta 2 perwakilan dari tim Jurnalistik MAN 1 Kebumen.

              Acara dimulai hari Ahad (12/01/2020) pagi mulai pukul 05.30 WIB untuk Chek In peserta, kemudian peserta dibariskan di lapangan MAN 1 Kebumen untuk mengikuti Upacara Pembukaan. Dalam kesempatan kali ini Pembina upacara yakni Bapak Wahib Subkhi, S.Ag, M.Pd memaparkan manfaat dan pertimbangan yang melatar belakangi terlaksananya kegiatan hiking. Beliau berharap hiking menjadi gerbang penghubung menjalin ukhuwah antara Pramuka dengan masyarakat, menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan dan sesama, meningkatkan dan memelihara kesehatan mental, meningkatkan kualitas udara yang dihirup serta mengurangi resiko terkena serangan jantung. Dengan bacaan basmallah yang diikuti oleh seluruh peserta, kegiatan hiking pada hari Ahad itu pun telah resmi dibuka. Acara selanjutnya adalah penampilan tari dari adik BB CDA dengan mengkolaborasikan tari semaphore, dance, dan tari tradisional yang ditujukan untuk menyambut dewan eksternal serta memeriahkan acara hiking tersebut.

               Adik memulai perjalanan sekitar pukul 09.15 WIB dengan dibantu Dewan Ambalan maupun dewan undangan yang berjaga disetiap posnya. Adapun rute perjalanan hiking kali ini meliputi MAN 1 Kebumen, Desa Jemur, Desa Kemangguan, serta Desa Karangsari dan berakhir kembali ke MAN 1 Kebumen. Kegiatan berjalan jauh itu diisi semarak yel-yel adik dan aksi pungut sampah di sepanjang perjalanan sebagai usaha dalam menjaga kebersihan. Sedangkan itu, terdapat setidaknya tiga pos yang akan dilalui dengan kurang lebih dua pos kesehatan ketika di dalam hutan. Diperlukan waktu dua jam untuk melewati rute hutan sampai tempat pemberhentian ishoma di Balai Desa Kemangguan.

               Sekitar pukul 12.30 WIB Adik berserta dewan telah berkumpul di aula Balai Desa Kemangguan untuk melakukan transit istirahat dan penilaian hasta karya. Sholat dzuhur dilaksanakan di mushola yang berada tak jauh dari dari Balai Desa. Hingga menjelang pukul 13.40 WIB adik kembali di bariskan untuk bersiap-siap melanjutkan perjalanan dengan parade simbol menuju MAN 1 Kebumen. Sebelum upacara penutupan dilaksanakan, adik diberi waktu untuk mengisi SKU dan membersihkan diri. Upacara penutupan dilakukan pukul 15.15 WIB dengan suasana khidmat dan ditutup oleh Bapak Khanifan, S.Ag selaku pembina upacara.

 

Pen. myadewanpramanza


Kembali ...

Daftar Komentar

Kolom Komentar :